Gadis-Gadis Pondok

daun2Dalam sebuah kesempatan, di akhir bulan Ramadhan yang lalu, aku bertemu dengan gadis-gadis ini di sebuah masjid dekat rumahku.mereka jumlahnya kira-kira tiga belas anak. Ya, mereka remaja belia yang umurnya berkisar antara tiga belas hingga empat belas tahun.

Awalnya kukira mereka umurnya lima atau empat tahun di bawahku , maklum badan mereka tinggi-tinggi bagi anak umur segitu, kemudian pakaian yang mereka kenakan membuat penampilannya menjadi lebih dewasa, yaitu gamis dan jilbab panjang. Lagi pula aku tidak memperhatikan mereka dengan seksama, ya itu tadi kukira mereka teman-teman akhwat yang udah pada kuliah.

Dan tahu nggak apa yang bikin mereka ketahuan umur aslinya? Jadi waktu itu aku duduk di dekat salah satu dengan mereka, lalu remaja ini dengan gayanya yang kekanak-kanakan meminta ijin mengambil tasnya yang ada di dekatku. Tahu kan gimana gaya anak-anak, ya cengar-cengir gitu, dengan sikapnya yang masih polos (misal: ada yang mendekatiku dengan berlari-lari dan gedubrak..!! mendaratkan dirinya didepanku hehe…) kalau akhwat yang sudah dewasa kan lebih anggun…(yaah maksudku rata-rata akhwat dewasa ya sikapnya dewasa lah)

Okelah…gaya boleh kekanak-kanakan namun jangan tanya soal pemahaman dien-nya…akhwat dewasa pun bisa kalah. Maklum saja mereka adalah gadis-gadis pondok di sebuah daerah kira-kira dua jam naik bis dari kota yang kutinggali ini. Katanya mereka sedang ada kegiatan di masjid ini, tentu saja sambil didampingi ustadzahnya yang kebetulan hari itu sedang tidak ikut menginap di masjid.

Suatu ketika aku berkesempatan bertanya dengan salah seorang dari mereka:

Adhek pondoknya apa sih…maksud mbak apa pondok muhammadiyah gitu, atau pondok NU?”

Enggak kok mbak…kita pondoknya mengikuti pemahaman salafus shalih” Begitu jawabnya,

Wah bagus dong dhek, ada tahfidz (hafalan) al-Qur’an juga?”

Iya, mbak”

Adhek udah hafal juz berapa?”

Baru juz dua puluh tujuh..” (itu artinya mereka sudah hafal juz 30, 29, dan 28. Subhanalloh..)

Tapi kalau tidak sering dibaca dalam sholat, hafalannya bisa lupa lho mbak” ujarnya, “Jadi kami sering latihan hafalan dengan teman-teman di kamar (maksudnya waktu di pondoknya)”

Oh begitu..”gumamku

Kemudian suatu saat kudengar salah seorang dari mereka bercanda:

Wah mbak…lama-lama kita jadi betah lho disini…”

Kenapa sih dhek…?”

Disini makanannya enak-enak (tertawa lebar) habis tiap hari lauknya kalo nggak telur ya ayam..”

Lha emang di pondok enggak…?”tanyaku lagi

Di pondok emang di kondisikan begitu, biasanya dalam seminggu lauknya ikan asin, tempe, tahu dan telur sekali seminggu”

Aku cuma bisa tersenyum….mengingat betapakah diriku dibandingkan kehidupan mereka yang begitu sederhana…

Ah..coba lihat bagaimana gadis-gadis belia ini dengan pemahaman ilmu diennya, dengan hafalannya, dengan bajunya yang tertutup rapi, sekarang coba kita lihat gadis-gadis sebaya mereka di luar sana, sudah sering kita dengar anak-anak SMP, SMA yang hamil dengan pacarnya, anak-anak perempuan yang masih belasan tahun berkelahi dengan teman-teman sekolahnya, ada lagi yang lebih menyeramkan, anak SMP yang beradegan tak senonoh kemudian disiarkan lewat layar HP….Masya Allah,mau jadi apa generasi Muslim kita..?

Untungnya masih ada gadis-gadis belia nan salihah ini, mereka bagaikan mawar-mawar di antara semak belukar.

~~~

Adik-adikku jadilah Muslimah yang salihah, didiklah anak-anakmu kelak menjadi Muslim-Muslimah yang mengharumkan dan mengembalikan kejayaan Islam dengan ajaran Qur’an dan Sunnah menurut pemahaman para sahabat dan tiga generasi awal umat Islam. Amin

~~~

Suatu saat kucari-cari di masjid yang terlihat sepi tanpa kehadiran mereka satupun, dan ketika kutanyakan pada salah seorang akhwat, ia bilang bahwa anak-anak itu sedang memanjat menara masjid (lewat tangga yang berada di dalam menara tersebut)

Masya Allah….gadis-gadis pondok itu..!

Ah…bagaimanapun, mereka masih anak-anak…^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s