Tips Memilih Pembalut dan Perawatan Diri selama Haid

Teman-teman putri sekalian…1173788994

Pembalut sudah menjadi teman setia kita dikala haid datang. Segala macam jenis dan merk pembalut di iklankan besar-besaran dengan menonjolkan kelebihannya masing-masing. Maka disini kita harus jeli dalam memilihnya dan harus tahu cara yang paling aman dalam mengenakannya supaya tidak timbul alergi atau hal-hal yang membahayakan kesehatan kita

Silahkan baca tips-tips dalam memilih dan mengenakan pembalut berikut ini,

1. Ketika membeli pembalut pastikan kemasan masih tertutup rapat dan tidak sobek atau berlubang. Karena jika ada lubang maka bakteri dan kuman bisa masuk dan membahayakan kesehatan kita, seperti gatal-gatal. Jangan lupa juga perhatikan ya tanggal kadaluarsanya.

2. Pilih pembalut yang berdaya serap tinggi, tidak mudah mengkerut dan memiliki permukaan yang selalu kering (dry surface) meskipun tipis karena hal ini bisa menghindarkan kelembaban di sekitar organ intim yang amat disukai oleh jamur, kuman dan bakteri.

3. Pilih pembalut yang berbahan lembut dan lentur karena akan mengurangi faktor iritasi pada kulit kemaluan. Jika diantara kita merasa gatal atau panas setelah menggunakan pembalut merk tertentu, lebih baik ganti dengan merk lain karena boleh jadi kulit kita yang sensitif tidak cocok dengan jenis pembalut tersebut.

Nah, selain memilih pembalut ada baiknya pula kita mengerti hal-hal penting apa saja yang harus diketahui dalam merawat kesehatan organ intim kita selama haid. Berikut penjelasannya:

1. Gantilah pembalut sesering mungkin (kurang lebih 3 jam sekali) terutama pas haid sedang banyak-banyaknya. Karena pembalut yang terlambat diganti bisa menimbulkan berbagai jenis penyakit terutama yang disebabkan oleh jamur dan bakteri. Keduanya akan tumbuh subur di tempat-tempat yang lembab.

2. Saat membersihkan diri, basuhlah dengan air bersih dari arah depan ke belakang. Jika dari arah sebaliknya malah justru bisa memindahkan bakteri yang banyak bersarang di anus ke wilayah organ reprduksi kita, akibatnya bisa timbul gatal-gatal.

3. Hindari celana dalam yang terlalu ketat. Soalnya keketatan semacam ini akan menekan otot luar organ intim dan menciptakan suasana lembab. Lebih baik pakailah celana dalam yang tidak ketat dan berbahan katun yang mudah menyerap keringat. Hindari pula celana jins yang terlalu ketat di daerah selangkangan.

(Tuh kan celana yang ketat selain bisa membahayakan kesehatan tubuh juga bisa membahayakan iman lho, masak mau sih kita dipelototin laki-laki gara-gara pakai celana ketat..bisa dosa dua-duanya dong…ganti aja ya dengan rok panjang, kan lebih nyaman..^_^)

4. Ketika berada di toilet umum, jangan gunakan air di ember atau penampungan untuk membersihkan. Gunakan saja air dari keran yang mengalir, ini akan lebih aman. Karena menurut penelitian air yang tergenang di toilet umum mengandung 70% jamur candida albicans penyebab keputihan. Sedangkan air yang mengalir dalam keran mengandung kurang lebih 10-20%.

Jika ingin lebih aman maka sepulang dari toilet umum basuhlah organ intim dengan air hangat (cenderung panas) lalu keringkan dengan handuk lembut. Jamur dan bakteri mudah mati dalam air bersuhu tinggi.

Selain itu jangan keseringan memakai cairan pembersih organ intim (anti bakteri), sebab penggunaan secara rutin malah mengganggu keseimbangan flora di sekitar alat kelamin, juga bisa membunuh mikroba “baik” dan memicu tumbuhnya jamur.

5. Sebagai pilihan lain, kini sudah banyak hadir pembalut kain modern lho. Pembalut wanita ini bisa dicuci dan dipergunakan kembali yang biasa disebut reusable / washable menspad. Walaupun terbuat dari kain, namun bukan sembarang kain lho, nama bahan penyerap cairan ini yaitu microfiber, sedangkan lapisan kain yang menyentuh permukaan kulit dibuat dari bahan microfleece yang menjadikan kulit senantiasa kering dan tidak lembab. Salah satu produk pembalut kain ini bisa kalian temukan di toko online saya, aduh maaf bukannya promosi, cuma sekedar memudahkan pembaca saja jika ingin tahu lebih lanjut tentang pembalut ini *smile*…

Nah, sekarang sudah lumayan ‘tercerahkan’ kan..teman-teman semua…

Jadi mulai kini jangan lupa ya perhatikan pembalut yang akan kita pakai dan perhatikan pula perawatan diri kita selama haid supaya terhindar dari segala gangguan.

~~

Bahan dari artikel ini saya ambil dari buku “Tips dan Trik Merawat Organ Intim”

Semoga bermanfa’at…

20 responses to “Tips Memilih Pembalut dan Perawatan Diri selama Haid

  1. Wahh. . .Saran bgus tuh. . .

  2. Pembalut apa ya ukh yg baik? Krn kyx smua iklan bilangx produk mrk yg tbaik ^^.
    Iya ya Ukh… kl di toilet umum bnyk yg ga pake air mengalir alias di bak. Udah di bak, trus ga brsih lg, dan airnya macet, nah loh… bda bgt ma di KL (sdikit share), hampir semuanya pake yg sstm air mengalir.

    • wah nanti kalo sebut merk, ada yg untung dong hehe…yang penting dipake nyaman aja ukh, ngga bikin panas or gatel..
      wah di KL bagus ya pelayanan publiknya, semoga negri kita tercinta ini bisa lebih meningkat dari sebelumnya. Amin

  3. bagus mbak…
    makasih ya!!

  4. Setuju mba..,,kesehatan organ intim saat ini kurang diperhatikan kaum perempuan,,padahal seperti mulut,,wilayah ini juga amat sensit..salah2 perawatan bisa terkena penyakit inflamasi vagina..atw yg lbh serem kanker serviks..,,kalo boleh saran pilih pembalut yg bukan dari kapas2/kertas daur ulang yg dibleaching,tdk ada wangi2 tertentu.buat mba desie..sekedar sharing aja..aku biasa pakai tulipcare,yg sudah dilengkapi teknologi 2nd generation ion(anion).

  5. Wah artikel yang menarik. Walaupun ane co tapi ga masalah kan tau yang beginian..^^
    Jazakmlh.khair.

  6. Cara sederhana dalam memilih pembalut wanita di toko atau supermarket jika kemasan produk pembalut tersebut tidak boleh dibuka adalah dengan membaca legalitas produk yang tertera dalam produk pembalut wanita tersebut, misalnya Ijin dari BPOM RI, Dep. Kes. RI, sertifikat kualitas diterima di banyak negara (ISO 9001). Dengan lengkapnya ijin produk tersebut maka dipastikan pembalut wanita itu aman dipakai. Sikap berhati – hati perlu diterapkan karena sekarang disinyalir banyak pembalut wanita yang mengandung dioxin, zat kimia berbahaya bagi organ intim kewanitaan.

  7. siip,masalah pembalut memang penting bgt.dan itu jg menyangkut kesehatan kawanitaan. tp bg yg blm mencoba pembalut seperti yg aku pakek,coba deh.kalian akan merasakan bedanya.aku udah ganti pembalut lamaku jg pantillinerku dgn yg aku pakai skrg.dan aku merasa benar2 fresh,nyaman n sehat. coba deh kalian pakai produk avail.aku gak bo’ong lho…

  8. makacih bangets lo informasi yg bagus bangets!

  9. makasih atas infonya…
    apa benar penyebab gatal di bagian organ intim disebabkan oleh ketidakcocokan memakai pembalut???
    bagaimana cara menyembuhkan gatal-gatal tersebut???
    makasih……

  10. thx ya bwt tips nya ,

  11. Qanitah, ijin copas, yah ^^
    Aku tuliskan sumbernya, kok😀

    Monggo di check di Facebook saya🙂

  12. mbk,, pesennya dimana?

  13. Makasih banget infonya,bagus bgt dan sangat brmanfaat bgi sya dan pasti untk smw kaum wanita,trmksh skali,tambah info2 tentang kewanitaan lg dwonk….

  14. masalah pembalut memang sangat penting, tetapi seringkali diremehkan oleh kaum wanita. Padahal, kesehatan organ kewanitaan penting untuk dijaga. Ya, seperti dalam artikel ini neh…

  15. makasih lhoo infonya,,,,
    keren banget,,jadi tahu dech cara memilih pembalut yang bagus,,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s