Category Archives: artikel kesehatan

Tips Memilih Baju Bayi

Memilih busana untuk sang buah hati, apalagi yang masih bayi memang harus teliti. Pasalnya kulit bayi masih sangat sensitif. Salah memilih bahan atau pakaian bisa menjadi masalah nantinya.

Kulit adalah organ terbesar yang terdapat di permukaan yang selain menutupi hampir seluruh permukaan tubuh,juga mempunyai fungsi yang beragam dengan masalah kelainan yang dapat bersifat lokal atau setempat, serta dapat merupakan gejala penyakit berat.

Spesialis Anak dari Ilmu Kesehatan Anak Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia- RS Cipto Mangunkusumo, Dr dr Rini Sekartini Sp.AK mengatakan sel-sel yang terbentuk pada kulit anak masih belum sempurna. “Kulit bayi mudah sekali menyerap zat-zat yang menempel pada permukaan kulitnya. Zat-zat berbahaya tersebut bisa terdapat pada pakaian yang dikenakannya,” tutur Rini.

Untuk itu, menjaga kesehatan kulit bayi ini harus diperhatikan dari hal terkecil, misalnya bahan pakaian, tekstur, bentuk hingga ornamen yang terdapat pada pakaian bayi. Jika tekstur bahan pakaian bayi kasar maka friksi (pergesekan) antara kulit bayi dan bahan akan membuat kulit bayi iritasi. Kulit bayi mengandung kadar lipid yang tinggi sehingga memudahkan iritan melewati kulit.

“Friksi ini terjadi di antaranya antara pakaian dan kulit,atau bisa juga diaper dan kulit,” tutur Rini, yang juga tergabung dalam anggota Ikatan Dokter Anak Indonesia unit kelompok kerja Tumbuh Kembang- Pediatri Sosial.

Kontak baju atau pakaian tidak hanya pada bagian tangan, tetapi juga hampir seluruh tubuh, untuk itu pilih pakaian anak yang aman dan nyaman untuk keseluruhan tubuhnya. Aman dalam arti tidak membahayakan, dilihat dari materi bahan pakaian yang digunakan, bahan yang terbaik adalah bahan katun, kemudian tidak luntur karena proses pewarnaan yang kurang tepat, tidak menimbulkan rasa gatal atau alergi di kulit serta patut diperhatikan penggunaan aksesori, pakaian jangan sampai membahayakan tubuh.

Pemilihan pakaian berbahan katun sangat baik untuk bayi, karena termostat (pengatur suhu tubuh pada jaringan kulit) belum bekerja optimal. Selain itu juga lapisan lemak belum terbentuk di minggu-minggu awal.

Sebaiknya kenakan pakaian hangat saat cuaca dingin dan tipis pada cuaca panas, serta sesuaikan dengan kondisi lingkungan anak. Faktor lain dari nyaman adalah pakaian harus memiliki sirkulasi udaranya yang baik, tidak terlalu ketat,berbahan lembut,dan dapat dengan mudah menyerap keringat. Selain itu, model pakaian pun harus diperhatikan, sesuaikan dengan usia bayi atau anak Anda nyaman menggunakannya.

”Cari model baju yang sederhana, dengan bahan yang sangat aman pada anak serta hindari menggunakan pakaian dengan banyak aksesori yang membahayakan anak,”papar Rini saat menghadiri acara penganugerahan sertifikasi Oeku-Tex® Standard 100 kelas 1 kepada Velvet Junior di Kidsport Pondok Indah, Jakarta Selatan, pekan lalu.

Pilihlah pakaian anak dengan detail yang tidak ribet agar anak dapat bergerak bebas. Beberapa penelitian, dikatakan Rini menunjukan bahwa pemilihan pakaian yang kurang nyaman menyebabkan bayi tiba-tiba rewel atau sering menangis.

Tips Berpakaian Nyaman

Menurut Sales & Marketing Manager Velvet Junior, Chodijah produknya yang tergolong sebagai salah satu merek pakaian bayi dan anak dengan produk standardisasi Oeko-Tex® Standard 100 kelas 1 (dibaca: okotex). ”Standardisasi tersebut merupakan jaminan bahwa produk fesyen Velvet sangat nyaman untuk bayi dan anak-anak, sekaligus tidak menimbulkan iritasi pada kulit,” ucapnya saat menjadi pembicara pada acara penganugerahan sertifikasi Oeku-Tex® Standard 100 kelas 1 kepada Velvet JuniorJakarta.

”Para orangtua harus memilih busana yang nyaman dalam memilih pakaian bayi dan anak-anak dan perhatikan pula bahannya untuk kesehatan kulit,”ucap Chodijah.

Melalui standardisasi tersebut setiap pakaian dipastikan bebas dari zat pewarna yang mudah luntur, material berbahaya, zat kimia berbahaya serta model yang sesuai untuk bayi.

Beberapa hal yang juga ditekankan oleh Rini saat memilih pakaian untuk anak antara lain:
* Pilihlah pakaian bayi berbahan lembut dan longgar. Hal ini agar bayi dapat bergerak dengan leluasa.
* Pilih pakaian yang aman, dalam arti tidak membahayakan, dilihat dari materi bahan pakaian yang digunakan. Bahan yang terbaik adalah bahan katun, kemudian tidak luntur karena proses pewarnaan yang kurang tepat, tidak menimbulkan rasa gatal atau alergi di kulit.
* Perhatikan setiap detail pakaian. Hindari pakaian yang tedapat ornamen atau asesoris. Asesoris pada pakaian bayi bisa sangat berbahaya karena bisa saja tertelan saat bayo memainkannya.
* Pilih pakaian yang perawatannya mudah. (cr1/rin)
***

sumber: http://www.republika.co.id/berita/59990/Jeli_Pilih_Pakaian_si_Kecil

Advertisements

Tips Memilih Pembalut dan Perawatan Diri selama Haid

Teman-teman putri sekalian…1173788994

Pembalut sudah menjadi teman setia kita dikala haid datang. Segala macam jenis dan merk pembalut di iklankan besar-besaran dengan menonjolkan kelebihannya masing-masing. Maka disini kita harus jeli dalam memilihnya dan harus tahu cara yang paling aman dalam mengenakannya supaya tidak timbul alergi atau hal-hal yang membahayakan kesehatan kita

Silahkan baca tips-tips dalam memilih dan mengenakan pembalut berikut ini,

1. Ketika membeli pembalut pastikan kemasan masih tertutup rapat dan tidak sobek atau berlubang. Karena jika ada lubang maka bakteri dan kuman bisa masuk dan membahayakan kesehatan kita, seperti gatal-gatal. Jangan lupa juga perhatikan ya tanggal kadaluarsanya.

2. Pilih pembalut yang berdaya serap tinggi, tidak mudah mengkerut dan memiliki permukaan yang selalu kering (dry surface) meskipun tipis karena hal ini bisa menghindarkan kelembaban di sekitar organ intim yang amat disukai oleh jamur, kuman dan bakteri.

3. Pilih pembalut yang berbahan lembut dan lentur karena akan mengurangi faktor iritasi pada kulit kemaluan. Jika diantara kita merasa gatal atau panas setelah menggunakan pembalut merk tertentu, lebih baik ganti dengan merk lain karena boleh jadi kulit kita yang sensitif tidak cocok dengan jenis pembalut tersebut.

Nah, selain memilih pembalut ada baiknya pula kita mengerti hal-hal penting apa saja yang harus diketahui dalam merawat kesehatan organ intim kita selama haid. Berikut penjelasannya:

1. Gantilah pembalut sesering mungkin (kurang lebih 3 jam sekali) terutama pas haid sedang banyak-banyaknya. Karena pembalut yang terlambat diganti bisa menimbulkan berbagai jenis penyakit terutama yang disebabkan oleh jamur dan bakteri. Keduanya akan tumbuh subur di tempat-tempat yang lembab.

2. Saat membersihkan diri, basuhlah dengan air bersih dari arah depan ke belakang. Jika dari arah sebaliknya malah justru bisa memindahkan bakteri yang banyak bersarang di anus ke wilayah organ reprduksi kita, akibatnya bisa timbul gatal-gatal.

3. Hindari celana dalam yang terlalu ketat. Soalnya keketatan semacam ini akan menekan otot luar organ intim dan menciptakan suasana lembab. Lebih baik pakailah celana dalam yang tidak ketat dan berbahan katun yang mudah menyerap keringat. Hindari pula celana jins yang terlalu ketat di daerah selangkangan.

(Tuh kan celana yang ketat selain bisa membahayakan kesehatan tubuh juga bisa membahayakan iman lho, masak mau sih kita dipelototin laki-laki gara-gara pakai celana ketat..bisa dosa dua-duanya dong…ganti aja ya dengan rok panjang, kan lebih nyaman..^_^)

4. Ketika berada di toilet umum, jangan gunakan air di ember atau penampungan untuk membersihkan. Gunakan saja air dari keran yang mengalir, ini akan lebih aman. Karena menurut penelitian air yang tergenang di toilet umum mengandung 70% jamur candida albicans penyebab keputihan. Sedangkan air yang mengalir dalam keran mengandung kurang lebih 10-20%.

Jika ingin lebih aman maka sepulang dari toilet umum basuhlah organ intim dengan air hangat (cenderung panas) lalu keringkan dengan handuk lembut. Jamur dan bakteri mudah mati dalam air bersuhu tinggi.

Selain itu jangan keseringan memakai cairan pembersih organ intim (anti bakteri), sebab penggunaan secara rutin malah mengganggu keseimbangan flora di sekitar alat kelamin, juga bisa membunuh mikroba “baik” dan memicu tumbuhnya jamur.

5. Sebagai pilihan lain, kini sudah banyak hadir pembalut kain modern lho. Pembalut wanita ini bisa dicuci dan dipergunakan kembali yang biasa disebut reusable / washable menspad. Walaupun terbuat dari kain, namun bukan sembarang kain lho, nama bahan penyerap cairan ini yaitu microfiber, sedangkan lapisan kain yang menyentuh permukaan kulit dibuat dari bahan microfleece yang menjadikan kulit senantiasa kering dan tidak lembab. Salah satu produk pembalut kain ini bisa kalian temukan di toko online saya, aduh maaf bukannya promosi, cuma sekedar memudahkan pembaca saja jika ingin tahu lebih lanjut tentang pembalut ini *smile*…

Nah, sekarang sudah lumayan ‘tercerahkan’ kan..teman-teman semua…

Jadi mulai kini jangan lupa ya perhatikan pembalut yang akan kita pakai dan perhatikan pula perawatan diri kita selama haid supaya terhindar dari segala gangguan.

~~

Bahan dari artikel ini saya ambil dari buku “Tips dan Trik Merawat Organ Intim”

Semoga bermanfa’at…

Makanan yang Sebaiknya Dihindari Selama Kehamilan

sushiplatterAda beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari selama kehamilan karena mereka dapat menyebabkan infeksi-infeksi seperti; salmonella,toksoplasmosis,listeria, E.coli, yang dapat membahayakan bayi dalam kandungan anda.

• Jangan makan daging mentah (sushi) atau yang dimasak kurang matang, karena mengandung Toksoplasmosis sebuah parasit yang dapat menyebabkan infeksi serius pada janin anda dan juga E.coli, yang berbahaya bagi ibu hamil dan janin.

• Toksoplasmosis terdapat pada sayuran yang tidak dicuci dengan baik, oleh karena itu bersihkan sayuran anda dengan baik, apalagi untuk salad atau lalapan yang dimakan mentah. Hindari juga kotoran kucing atau bermain-main dengan kucing selama kehamilan karena mengandung toksoplasmosis.

• Jangan makan daging ayam dan telur yang dimasak kurang matang atau mentah , hindari makan hati ayam/daging yang mungkin sumber dari salmonella, yang dapat menyebabkan diare yang berat pada ibu hamil. Juga diperhatikan piring, alat-alat masakan yang terkena daging ayam mentah ini untuk dicuci.

• Ikan tuna steak, ikan sea bass, shark, atau ikan-ikan berukuran besar yang diketahui mengandung tingkat mercuri yang tinggi yang dapat menyebabkan kerusakan saraf jika dimakan dalam jumlah besar. FDA rekomendasi ikan tuna dan ikan ukuran besar ini sebatas 12 ons perminggu

• Keju lunak seperti brie dan camembert, blueveined cheese juga keju dari susu kambing dan domba, serta jangan minum susu yang tidak di pasteurisasi. Semua produk ini mempunyai resiko membawa listeria. Listeria tipe bakteri yang mampu menembus plasenta dan menyebabkan infeksi janin, pada dewasa tidak ada gejala atau seperti flu. Listeria dapat menyebabkan keguguran,kelahiran premature, dan keracunan dalam darah. Sebaiknya hindari makanan jenis ini sampai melahirkan bayi anda.

• Jangan minum yang mengandung alcohol dapat menyebabkan kelainan perkembangan pada janin ada juga problem emosional pada bayi.

• Minuman yang mengandung cafein seperti kopi, teh sebaiknya di hindari atau dibatasi karena kopi dapat memperngaruhi berat badan rendah pada bayi, keguguran dan juga cafein mengurangi penyerapan zat besi.

Ingatlah perkembangan bayi dalam kandungan anda tergantung dari apa yang anda makan selama kehamilan.

taken from:  http://ummusyauqy.wordpress.com/category/ibu-hamil/

Tips Merawat Rambut Secara Alami

akhwati fillah…mahaagungtuhan

Sebagai seorang perempuan, selain kesehatan ruhani yang harus kita pelihara namun tak lupa pula ada hak tubuh kita yang harus kita rawat, termasuk  keindahan rambut kita. Terutama nih ya bagi para isteri supaya selalu menyenangkan dipandang suami…^_^.. .,

bukankah jika kita niatkan untuk beribadah pasti berpahala?

Walaupun rambut kita senantiasa ditutup dengan jilbab, namun bukan berarti kita menyepelekan penampilan rambut kita kan..?

Bagi para akhwat yang belum menikah, justru harus sejak sekarang dibiasakan merawat lho, jangan mau kalah dong dengan perempuan lain yang hobi ke salon, kita juga bisa bikin salon sendiri di rumah. Jadi nanti jika suami anti kelak melihat rambut anti akan jadi semakin cinta…Amin

Ok, kita mulai ya tips and trick nya untuk memiliki rambut yang indah dan sehat..

* daun lidah buaya (digunakan sebagai masker bagi rambut kering dan kusam)

  • caranya: rendam lidah buaya dalam air hangat untuk mengurangi lendirnya, blender dan oleskan pada rambut, diamkan selama 20 menit lalu keramas.

* seledri (bermanfaat untuk mencegah dan merawat rambut rontok)

  • caranya: gunakan juicer untuk memisahkan daun dengan sarinya, lalu sarinya dioleskan pada kulit kepala dan rambut, diamkan 20 menit, lalu keramas.

* jeruk nipis (berguna untuk menghilangkan ketombe di kepala)

  • caranya: peras dan saring air jeruk nipis, lalu airnya oleskan di kulit kepala sambil di pijit-pijit. Fiamkan selama 30 menit kemudian keramas.

* daun teh (ramuan untuk menyuburkan rambut)

  • caranya: ambil teh biasa-yang serbuknya besar-besar (bukan teh celup) dan seduhlah menjadi segelas, diamkan/embunkan selama semalam. Lalu pakai iar teh terseut di kepala selama 2o menit.

* kemiri (menghitamkan dan mengkilaukan rambut)

  • caranya: bakar atau sangrai beberapa butir kemiri lalu tumbuk hingga halus. Oleskan pada rambut dan diamkan selama 20 menit, kemudian akhiri dengan keramas.

** Bagi anti yang punya rambut berminyak, berikut ada tips bagaimana menkaga keseimbangan kandungan minyak pada rambut. Sebaiknya lakukan ini sebelum tidur..

  • caranya: panaskan beberapa sendok minyak (zaitun atau minyak kelapa) lalu oleskan pada rambut
  • pijat perlahan pada kulit kepala dengan gerakan memutar. Lakukan selama 8 hingga 10 menit saja, lalu diamkan sambil anti tidur.
  • di pagi hari, bilas minyak dengan keramas seperti biasa. Hasilnya insya Allah  rambut anti akan lebih lentur dan terjaga kelembabannya

Gimana, ukhti sekalian… mudah kan dipraktekkan?, bahannya juga gampang di dapat disekitar kita. Jadi tunggu apa lagi…let’s do it …!

~~~

* tips diambil dari buku “Panduan Lengkap Kesehatan Wanita”

( the language style is originally written by me)